STANDAR LABORATORIUM SMPN 126 JAKARTA TIMUR



Perbaikan laboratorium IPA sering dilakukan oleh sekolah, baik yang menyangkut ruang laboratorium maupun perabotnya. Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar untuk tentang standar laboratorium IPA bagi laboran maupun guru-guru IPA .
  • Persyaratan umum lokasi laboratorium IPA serta perabotnya dan cara pengaturannya :
  1. Laboratorium tidak terletak di arah angin, hal ini untuk menghindari terjadinya pencemaran udara. Gas sisa reaksi kimia yang kurang sedap tidak terbawa angin ke ruangan lain
  2. Lokasi laboratorium terletak jauh dari sumber air. Hal ini menghindari terjadinya pencemaran air ditempat itu.
  3. Laboratorium haruss mempunyaai luran pembuangan tersendiri. Agar menghindari terjadinya pencemaran sumber air penduduk di shekitarnya.
  4. Lokasi laboratorium terpisah cukup jauh terhadap bangunan yang lain, hal ini sangat diperlukan agar dapat memberikan sirkulasi udara dan penerangan alami yang optimum. Jarak minimum disyaratkan sama dengantinggi bangunan yang terdekat atau 3 Meter.
  5. Letak laboratorium pada bagian yang mudah dikontrol dalam komplek sekolah, hal ini erat hubungannya dengan masalah keamanan terhadap pencurian, kebakaran dan lain-lain.
  • Ruang yang harus dimiliki oleh sebuah laboratorium IPA adalah sebagai berikut:
  1. Ruang untuk kegiatan belajar mengajar. Diperhitungkan misal untuk 50 siswa perlu ruang belajar 50 X 2,5 m" atau 10 X 12,5 m. bentuk ruangan hendaknya dipertimbangkan sedemikian sehingga siswa yang duduk dibelakang dapat melihat bila sedang dilakukan demonstrasi di depan, atau kegiatan siswa paling belakang mudah diawasi oleh guru.
  2. Ruang persiapan. Ruang persiapan tempat guru dan laboran melakukan persiapan sebelum suatu kegiatan di mulai. Luas ruang persiapan ini lebih kurang 20 m" .Pekerjaan mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan dengan demikian tidak akan mengganggu kegiatan yang dilakukan di ruang lain.
  3. Ruang gudang. Ruang gudang untuk menyimpan alat-alat atau bahan-bahan,terutama untuk persediaan. Luas gudang lebih kurang 20 m" .
  4. Ruang untuk menimbang. Ruang ini diperlukan untuk menyimpan timbangan (neraca) dan juga untuk melakukan pekerjaan menimbang benda atau bahan kimia dengan tenang. Ruangan tidak boleh untuk menyimpan bahan kimia, karena timbangan akan cepat berkarat .
  5. Pintu, jendela dan lantai. Pintu laboratorium harus lebar. agar mudah memasukkan perabot misalkan : lemari, rak, dan sebagainya. Pintu laboratorium harus ada dua. Yang satu lagi sebagai pintu darurat, untuk jalan lain bila terjadi kecelakaan,misalnya terjadi kebakaran. Jendela laboratorium dan ventilasi harus dapat membuka keluar (jika ruangan tanpa AC) agar tidak mengganggu kegiatan didalam laboratorium. Lantai laboratorium harus rata dan tidak licin dan tidak perlu dilapisi dengan karpet karena mudah tebakar.
  • Macam-macam perabot laboratorium IPA dan cara pengaturannya.
  1. Meja siswa: Meja yang digunakan untuk kegiatan siswa dilaboratorium. Ukuran tingginya 70 cm tidak terlalu tinggi agar memudahkan saat menggunakan mikroskop.
  2. Kursi siswa: Tinggi kursi 50 cm, dan tanpa sandaran agar mudah dipindahkan dan memungkinkan siswa mudah bergerak.
  3. Meja demonstrasi: Ukuran tinggi meja demonstrasi 90 cm, panjangnya 190 -200 cm dilengkapi dengan listrik dan bak cuci. Fungsi meja demonstrasi untuk melakukan kegiatan jika guru mengajar dengan metode demonstrasi . Meja demonstrasi diletakan didepan papan tulis dan ditempatkan diatas dasar lantai yang leih tinggi (panggung) tinggi panggung 20 cm panjangnya melebihi panjang papan tulisnya.
  4. Meja diding: Dibuat secara permanen bagian atas keramik dan bagian bawah dibuat lemari dengan pintu kecil yang berlubang agar tidak lembab. Diletakan sisi ruang laboratorium digunakan untuk percobaan biologi yang menggunakan air dll
  5. Meja kerja guru: Ukuran tinggi 90 cm, lebar 100 cm, panjang 120 cm. diletakan di ruang persiapan.
  6. Lemari, ada beberapa macam lemari yang digunakan yaitu: a. Lemari gantung ukuran panjang 150 cm, lebar 40 cm, tinggi 60 cm. Lemari ini digantung dibelakang ruang belajar laboratorium dan ruang persiapan. b. Lemari simpan ukuran lemari panjang 120 cm, lebar 60 cm, tinggi 180 cm diletakkan di gudang atau di ruang persiapan. c. Rak tidak diberi pintu ukura panjang 150 cm, lebar 60 cm, tinggi 180 cm. Disimpan di gudang untuk menyimpan untuk menyimpan:klem, penjepit, rak tabung reaksi dll. d. Lemari mikroskop berpintu kaca, dicat berwarna putih dan dilengkapi lampu listrik dengan tujuan untuk menjaga kelembaban udara didalamnya.




















0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Beranda

Followers


Recent Comments